Air Terjun Nabag, Sumber Air Tak Tersentuh

Mumpung! Nah loh, mau nulis apaan nih, baru mulai kok langsung mumpung. Mumpung libur puanjang nih Sob. Yuk mari kita blusukan ke tempat-tempat oke punya. kalau kamu biasanya jalan-jalan ke pantai atau mungkin ke air terjun yang rame banget. Kali ini waktunya kamu cobain yang beda. blusukan ke tempat-tempat yang ndelik tapi keren. Salah satunya ini. namanya Curug Nabag. Tempatnya terpencil, butuh nggowes sampai dengkul mringis biar bisa sampai tempat ini.

Oh iya, buat kamu yang belum tahu, nama lain dari air terjun adalah curug. Bahasa jawanya gitu deh. Jadi jangan bingung ya kalau ada yang nyebutin kata curug. Kali ini kamu bakal kita ajal blusukan ke hutan, mencari air terjun yang ngumpet dan sampai sekarang belum terekspose. Siap? Yuk mari siapkan sepeda.

ASYIK DAN UNIKNYA

Hal yang bikin petualanganmu keren yaitu rute yang musti kamu tempuh untuk menuju ketempat ini. stamina harus oke. Soalnya nggak ada kendaraan umum menuju ke air terjun satu ini. kendaraan paling mungkin adalah sepeda, atau mungkin sepeda motor. Tapi lebih disarankan naik sepeda. Soalnya beberapa medan akan sulit dilalui sepeda motor Sob. Sepeda aja musti dituntun, apalagi motor.

Air terjun atau curug ini berada di kawasan bukit menoreh. Oh iya, yang perlu kamu tahu, bukit menoreh nggak cuma Kulon Progo ya Sob, tapi juga sampai kawasan Purworejo. Nah, air terjun satu ini masuk ke kawasan Purworejo, nggak terlalu jauh dari Kulon Progo juga sih.

Kerennya air terjun ini adalah nggak dapat dijangkau. Hanya bisa dilihat dari kejauhan. Hanya bisa dinikmati, nggak bisa dipegang. Hihihi, jadi ingat bunga mawar. Indah tapi berduri. Hanya yang berkemauan tinggi yang bisa memetiknya. #halah. Tapi emang begitulah air terjun satu ini. hanya bisa dilihat dengan jarak sekian meter, nggak bisa dijangkau dengan tangan.

LOKASI

Air terjun yang kami temukan ini tersembunyi di puncak perbukitan Menoreh di wilayah Purworejo, tepatnya di dusun Benowo, desa Bener, kab. Purworejo, Jawa Tengah. Hayooo, warga Purworejo sudah pada tahu belum ada air terjun ini?

AKSES

Rute yang bisa kamu tempuh menuju curug Nabag yaitu:

  • Dari kota Jogja, ambil jalan menuju Terminal Bus Jombor.
  • Dari Terminal Bus Jombor, ikuti jalan raya Kebon Agung sejauh 20-an km hingga menyebrang jembatan Kali Progo dan sampai di Dekso, kab. Kulon Progo.
  • Dari pertigaan Dekso, ambil jalan ke utara yaitu Jl. Samigaluh yang menanjak hingga sampai di ujungnya yaitu Pasar Plono, sejauh 10-an km.
  • Dari Pasar Plono ambil arah ke Barat menuju Purworejo, menuju kec. Loano tepatnya desa Banyuasin Kembaran. Suasana medan jalan dari sini sudah didominasi hutan.
  • Dari desa Banyuasin Kembaran barulah menuju dusun Benowo. Medan jalannya menanjak dan rusak! Makanya sanagt disarankan untuk naik sepeda, bukan sepeda motor.
  • Lalu ikuti jalan desa hingga sampai di petilasan Pangeran Benowo. Nggak seberapa jauh dari petilasan itu kamu bakal ketemu dengan jembatan bambu. Menuju ke curug Nabag harus lewat jembatan itu.
  • Nggak seberapa jauh dari jembatan bambu itu, kamu bakal ketemu lagi dengan percabangan jalan. Satu ke hutan dan yang satu lagi ke rumah warga. Ambil cabang jalan ke rumah warga. Soalnya, cabang jalan yang satu lagi bakal bikin kamu muter-muter di hutan cengkeh, hehehe.
  • Di samping rumah warga ada jalan setapak yang menuju hutan. Selanjutnya ikutin aja jalan hutan itu. Nggak ada petunjuk arah yang jelas. Kalau mengikuti jalan setapak itu nanti berujung ke tebing. Disana kamu bisa lihat pemandangan indah dari puncak perbukitan Menoreh.

HARGA TIKET

Namanya juga tempat baru, jadi masih gratis.

 AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Nggak ada fasilitas yang bisa kamu nikmati disini Sob. Semuanya masih alami hutan.

 

Leave a Comment