6 Tempat Wisata yang Ada di Kulon Progo Jogja

6 Tempat Wisata yang Ada di Kulon Progo Jogja

Tiap kabupaten di Jogja itu punya tujuan wisatanya sendiri-sendiri. Nggak cuma Gunungkidul aja yang punya tempat wisata yang indah. Bantul, Sleman dan Kulon Progo juga punya tempat yang keren-keren.

Nah, sekarang kita lihat beberapa tempat keren yang ada di Kulon Progo. Siapa tau kamu punya kesempatan mampir ke Jogja, jad bisa main deh ke tempat-tempat ini.

1. Kalibiru

wukitraveller.com
wukitraveller.com

Kalibiru akhir-akhir ini menjadi tempat yang populer karena punya tempat unik untuk berfoto. Tempatnya agak serem sih, di atas pohon pinus. Tapi, spot untuk foto ini menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki pemandangan yang indah.

Dengan Waduk Sermo yang berada di bawah dan Perbukitan Menoreh membentang luas akan menemani kamu di Kalibiru.

Untuk menuju ke Kalibiru nggak sulit kok, kalau dari Kota Jogja kamu menuju Jalan Raya Wates lalu ke Kota Wates. Nah, terus ikuti petunjuk jalan menuju Waduk Sermo. Dari Waduk Sermo ikuti pertunjuk jalan ke Kali Biru.

Kalau kamu mau pergi ke sana, usahakan kendaraan yang dipakai dalam keadaan prima. Jalan yang menanjak akan cukup menyulitkan kamu jika kendaraan yang digunakan kurang baik. Selain itu, kamu juga harus hati-hati melewati jalan yang menanjak ini.

2. Puncak Suroloyo

Kalau mau tau tempat tertinggi diantara Perbukitan Menoreh ya Puncak Suroloyo. Kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas puncak.

Keindahan Perbukitan Menoreh dan daerah Jogja yang menawan. Magelang beserta Candi Borobudur pun akan terlihat dari atas Puncak Suroloyo.

Bukan cuma itu saja, kalau cuaca sedang mendukung, sangat cerah. Kamu bisa melihat lima gunung yang ada di Jawa Tengah. Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Ungaran akan terlihat berdiri dengan gagahnya.

Untuk menuju ke Puncak Suroloyo, dari Kota Jogja pergilah menuju perempatan Ring Road Barat Demak Ijo. Lalu menuju Jalan Godean, terus sampai bertemu Pasar Godean. Dari Pasar godean jalan terus menuju jembatan Kali Progo sampai perempatan lampu merah Kenteng. Lalu belok kanan menuju Kecamatan Samigaluh. Tinggal ikuti petunjuk jalan yang menuju ke Suroloyo deh.

3. Waduk Sermo

Kalau kamu pergi ke Kalibiru, pasti dapat melihat waduk ini dari ketinggian. Waduk Sermo, waduk yang dikelilingi hijaunya Perbukitan Menoreh.

Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa berkendara mengelilingi waduk. Bisa juga menyewa perahu yang telah disediakan untuk menyusuri tiap sudut waduk.

Untuk menuju ke sana kamu harus menuju ke Kota Wates terlebih dahulu. Kemudian tinggal ikuti petunjuk arah ke Waduk Sermo.

4. Gardu Pandang Gunung Gajah

Perbukitan Menoreh di Kulon Progo Memang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Ada satu bukit yang memiliki bentuk seperti kepala gajah yang dijadikan tempat untuk menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Ada dua gardu pandang yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan. Walaupun gardu pandangnya masih sederhana karena dibangun oleh warga setempat.

Untuk menuju ke Gardu Pandang Gunung Gajah, dari Kota Jogja pergilah ke perempatan Ring Road Demak Ijo. Kemudian menuju ke Pasar Godean dan langsung ke jembatan Kali Progo. Lalu kamu harus pergi ke Pasar Kenteng. dari situ ke arah Nanggulan lalu ke Pasar Jonggrangan. Dari pertigaan Gua Kiskendo, ambil jalan yang menuju ke arah pertigaan Segathol. Kemudian belok kiri sampai pertigaan Gardu Pandang Tamanan, kamu belok kanan. Tinggal jalan sampai kamu ketemu Gardu Pandang Gunung Gajah.

5. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang ada di Kulon Progo dan pantai yang paling terkenal. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya pemecah ombak dan laguna yang nggak bisa kamu temuin di pantai lain yang ada di Jogja.

Tempat ini cocok banget buat wisata bareng keluarga karena anak-anak bisa bermain air sampai puas tanpa perlu takut ombak yang besar.  Atau bisa juga berkeliling menggunakan perahu menyusuri laguna sambil menikmati angin yang berhembus kencang.

Kalau kamu pengen ke Pantai Glagah langsung saja dari Kota Wates ambil jalur utama ke arah Purworejo sampai ke Desa Glagah. Nah, sebenernya dari Kota Wates sudah ada petunjuk jalan menuju ke Pantai Glagah kok, jadi kamu tinggal ikutin aja arahnya.

6. Gua Kiskendo

Ada yang menarik dari Gua Kiskendo ini dibanding gua lainnya lho. Sebelum masuk ke dalam gua terdapat relief yang berkisah tentang Ramayana. Kamu bisa menikmati kisah yang terpahat dalam relief tersebut dalam wujut sendratari yang dipentaskan di kawasan gua ini.

Di dalam gua kamu akan menemukan sembilan situs yang dulu digunakan untuk tempat bertapa, yaitu Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang.

Untuk menuju ke gua ini jalan yang dilalui hampir sama ketika kamu akan pergi ke Gardu Pandang Gunung Gajah kok. Tapi, ketika sampai Pasar Jonggrangan, langsung saja menuju ke Gua Kiskendo.

Nah, tunggu apalagi? Buruan jadwalin buat keliling Kulon Progo menikmati berbagai tempat wisata yang ada di sana.

1 thought on “6 Tempat Wisata yang Ada di Kulon Progo Jogja

Leave a Comment