11 Wisata Pantai yang Ada di Gunungkidul

11 Wisata Pantai yang Ada di Gunungkidul

Jogja merupakan kota sejuta pesona, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kota Jogja. Bukan cuma kota-nya saja, tapi juga semua yang ada di dalamnya. Mulai dari budaya, masyarakatnya, kuliernya sampai destinasi wisatanya.

Jogja memang begitu istimewa, seperti tagline barunya tuh, Jogja Istimewa. Nah, Jogja terdiri dari lima Kabupaten, salah satunya adalah Gunungkidul. Di Gunungkidul atau Wonosari ini banyak banget wisata pantainya. Seharian juga nggak bakal bisa tuh buat menyusuri seluruh pantai yang ada di Gunungkidul.

Yuk, kita lihat aja beberapa pantai cantik yang ada di Gunungkidul.

Pantai Sundak

fajarindra.web.id
fajarindra.web.id

Pantai Sundak teletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul. Konon katanya, nama Sundak berasal dari cerita tentang sebuah perkelahian antara asu (anjing) dan landak. Dari dua nama hewan ini, kemudian pantai ini disebut Sundak.

Terlepas dari cerita rakyat yang ada, Pantai Sundak memiliki pemandangan alam yang keren. Nggak heran, kalau pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata  di Kabupaten Gunungkidul. Kolaborasi antara pasir putih dan warna laut yang biru jernih, membuat pantai ini layak menjadi tujuan utama kamu.

Pantai Krakal

nunagallo.blogspot.com
nunagallo.blogspot.com

Pantai Krakal ini nggak jauh lho dari kota Wonosari, ibukota Gunungkidul. Letaknya berdekatan sama Pantai Sundak nih, jadi bisa langsung mampir ke Sundak kalau kamu berkunjung ke Krakal.

Pantai Krakal ini cenderung landai dan memiliki pasir pantai yang putih. Di pinggir pantainya pun terdapat karang dengan ikan-ikan laut yang lucu. Kalau air laut sedang surut, kamu bisa mencari ikan dengan menggunakan jaring. Kalau nggak bawa jaring kamu bisa memberinya di sana kok atau bawa aja sendiri dari rumah.

Pantai Wediombo

idhamgufan.blogspot.com
idhamgufan.blogspot.com

Pantai Wediombo ini letaknya di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Walaupun namanya Wediombo, dimana wedi itu berarti pasir dan ombo berarti luas. Tapi pantai ini nggak luas banget lho, jadi jangan bayangin pantainya memiliki bentang yang luas, dari ujung ke ujungnya nggak kelihatan.

Di pantai ini kamu bisa lho memancing dari atas karang, tapi ingat ya hati-hati kalau kamu mancing di karang. Ikan yang ada di Pantai Wediombo ini terkenal besar-besar, tapi nggak gampang buat dipancing. Kamu butuh usaha yang lebih dan juga pengalaman buat bisa memancing ikan di pantai ini.

Pantai Indrayanti

indoinfotraveller.com
indoinfotraveller.com

Indrayanti merupakan seorang wanita, eh bukan. Indrayanti merupakan salah satu pantai cantik yang ada di Gunungkidul. Nggak heran kalau pantai ini sekarang banyak banget pengunjungnya. Pedagang pun sudah mulai ramai menjajakan dagangannya di kawasan Pantai Indrayanti.

 

Di salah satu sudut pantai terdapat sebuah tebing yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan pantai dari atas. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih dan hamparan laut berwarna biru yang indah.

Tapi kalau kamu mau ke sini harus diingat ya. Jangan dateng waktu musim liburan karena pantai akan penuh sesak dengan pengunjung yang menikmati keindahan alam di sana.

Pantai Sadeng

fajarindra.web.id
fajarindra.web.id

Pantai yang satu ini belum banyak terekspos oleh media, hha. Jadi belum banyak yang kenal sama Pantai Sadeng.

Pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tapi, Pantai Sadeng lebih dikenal sebagai tempat pelelangan ikan. Walaupun tempat pelelangan ikan, bukan berarti Sadeng nggak punya pesona ya.

Di sepanjang pantai kamu akan mendapati perahu nelayan yang berjajar. Pemandangan alam yang disuguhkan pun nggak kalah indahnya. pasir putih, laut biru dan jajaran batu kapur yang ada di kiri dan kanannya.

Selain pemandangan alam, kamu juga bisa menikmati hasil laut yang ada di sana. Ikan bakar atau goreng siap untuk menggoyang lidah kamu.

Pantai Sepanjang

fajarindra.web.id
fajarindra.web.id

Pantai Sepanjang, banyak yang menganggapnya Pantai Kuta tempo dulu. Pantai yang sepi dan belum ramai pengunjung.

Pantai ini berada di Desa Kemadang, nggak jauh dari Pantai Sundak. Nama Sepanjang diambil karena pantai ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Gunungkidul. Pemandangan alamnya masih sangat indah, dengan air yang jernih dan ombak besar serta pasir putih yang membentang luas.

Pantai Ngobaran

batasnusa.com
batasnusa.com

Pantai ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini cukup unik karena terdapat tempat ibadah di pinggir pantainya, sudah seperti di Bali aja nih.

Pantai Ngrenehan

pasirpantai.com
pasirpantai.com

Kalau udah ke Ngobaran nggak lengkap rasanya kalau belum mampir ke Pantai Ngrenehan. Masih di Desa Kanigoro, pantai yang dikelilingi bukit dan memiliki pasir putih ini sayang banget kalau kamu lewatin.

Pantai Baron

yogyalagi.com
yogyalagi.com

Bisa dibilang Pantai Baron ini merupakan start-nya pantai yang ada di Gunungkidul. Jadi, kalau bisa pantai ini menjadi tujuan pertama kamu kalau piknik ke Gunungkidul.

Letaknya berada di bagian barat, jadi setelah kamu berkunjung ke Pantai Baron, kamu bisa mengunjungi pantai lain yang nggak kalah keindahannya.

Keunikan dari Pantai Baron adalah bertemunya antara air tawar dan air asin. Jadi terdapat sungai air tawar yang mengalir sampai ke Pantai Baron ini. Kamu harus coba dateng dan lihat sendiri keindahan alamnya.

Pantai Siung

masfikr.com
masfikr.com

Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Kalau kamu pengen ke pantai ini kamu harus sabar. Terutama saat perjalanan karena jaraknya cukup jauh.

Tapi kalau udah sampai ke sana, kelelahan saat perjalanan nisacaya akan sirna kok. Pasir putih, laut biru dan udara sejuk akan memanjakan kamu.

Kalau kamu suka fotografi, tepat ini bisa jadi pilihan buat kamu hunting foto. Buat kamu yang suka panjat tebing, ada juga tuh spot buat manjatnya. Jadi nggak ada salahnya deh kamu pergi jauh buat sampai ke pantai ini.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunungkidul
blog.tiket.com

Pantai Jungwok ini belum banyak pengunjungnya lho, jadi masih sepi. Cocok buat kamu yang suka menyendiri dan menghindari keramaian.

Pantai Jungwok berada di pelosok pedalaman, kamu membutuhkan usaha yang ekstra agar bisa mencapai tempat pantai ini.

Nah, itu tadi beberapa pantai yang bisa masuk list kamu kalau sedang berkunjung ke Jogja. Kalau bisa kunjungin aja semuanya, tapi ingat, alokasikan waktu yang banyak ya.
Menyelusuri seluruh pantai yang ada di Gunungkidul nggak cukup kalau cuma sehari lho.

Leave a Comment